Pages

Tuesday, October 21, 2014

CARA EDIT FOTO MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

Untuk kalian yang suka memotret pada sebuah momen yang cepat membuat kita tidak bisa mengatur berbagai settingan exposure pada kamera. hasilnya seringa kali terjadi pada foto tidak sesuai dengan keinginan kita, yaitu menjadi gelap. Oleh karena itu kita harus tau cara edit foto di photoshop supaya hasil yang gelap bisa kita perbaiki, foto yang gelap membuat kesal, karena akan ada banyak detail yang akhirnya hilang, apalagi kalau bagian yang gelap adalah bagian di wajah, itu adalah salah satu masalah pada hasil foto kita.

Pertama kita buka Photoshop yang ingin digunakan, banyak Photoshop versi terbaru seperti CS4, CS5, CS6 dll.
Sebelum masuk ke tahap pengeditan sebaiknya kalian harus tau tahap-tahap pengenalan Tools penting pada Photoshop.
Seperti :
-       Move Tool (V): Berfungsi untuk memindahkan satu atau beberapa objek sekaligus tergantung dari berapa Layer yang di pilih.
Terdapat tiga tool pada Photoshop yang berfungsi sebagai selection tools. Selection tools ini berfungsi untuk melakukan seleksi pada bagian tertentu dari objek seperti pengeditan.
-       Rectangular Marquee Tool: Shortcut (M), gunakan ini untuk seleksi objek yang berbentuk kotak. Klik kanan pada icon ini untuk melihat sub tool-nya.
-       Marquee Tools (M): Ada beberapa tools yang terdapat pada keluarga marquee tools ini tapi yang sering digunakan adalah Rectangular Marquee Tool dan Elliptical Marquee Tool. Sementara untuk Singel Row Marquee Tool dan Singel Column Marquee Tool masih sangat jarang digunakan.
-       Lasso Tools (L): Di sini juga ada beberapa tools yang terdapat keluarga lasso tools. Tapi yang memang selalu di gunakan adalah Lasso Tool. Untuk melihat penggunaan Lasso Tool kunjungi artikel penerapan dasar Hue/Saturation.
-       Polygonal Lasso Tool: Shortcut (L), hampir sama dengan Lasso Tool namun hasil seleksi terbentuk dari titik-titik klik point yang dibuat.
-       Yang terakhir adalah Quick Selection Tool (W) dan Magic Wond Tool (W): Cara kerja dari ke-dua tools ini hampir sama yaitu menyeleksi berdasakan warna. Jadi bila kamu ingin memisahkan gambar yang memiliki background hanya beberapa warna bisa menggunakan tools ini.
-       Brush Tool (B): Brush Tool merupakan tools yang memiliki banyak fungsi selain untuk mewarnai. Bahkan bila dikombinasikan dengan Layer Mask. Brush Tool bisa mengantikan fungsi dari Eraser Tool (E) yang dari namanya saja kamu pasti sudah tahu fungsi dari eraser tool.

Langsung saja ke tahap pengeditan :
-       Klik File new untuk membuat pengeditan baru
-       Klik Open untuk memasukan foto yang ingin diedit tersebut
-       Klik Layer – New Adjustment – Levels, cara ini adalah untuk membuat foto terlihat lebih cerah.
-       Klik menu Image - Apply Image, Dan centang kotak opsi Invert. Tujuan Apply Image ini adalah untuk meminimalisir “overexposed” atau tingkat kecerahan/kontras yang berlebihan pada obyek gambar yang sudah cerah.
-       Buat Curves Layer Adjustment Layer - New Adjustment Layer - Curves. Untuk mendapatkan tingkat kecerahan dan kontras yang bagus, biasanya kita harus membuat sebuah kurva berbentuk “S”.


Demikian cara edit foto di photoshop dari saya, semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian yang belum tau ataupun pemula menggunakan Photoshop. Sekian dan Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About