Pages

Thursday, May 5, 2016

Proposal Pembuatan Aplikasi Grab

grab-taxi-new-logo
Penyusun
Ahmad Ansori 10112421
Muhammad Fikri 14112954
Muhammad Amin Fauzan 14112873
Muhammad Nur Hemi Adi 15112024
Robertus Koekus 16112653

I. Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang segala sesuatunya berbasiskan teknologi. Aplikasi ini sangat membantu kegiatan masyarakat menjadi lebih efisien dan praktis. Karena saya pernah menemukan suatu kasus  yang dialami oleh teman saya sendiri, ketika dia sangat membutuhkan taksi untuk mengantar salah satu keluarganya ke rumah sakit maka dia mencari transportasi, akan tetapi setelah lama dia menunggu taksi atau transportasi lain tak kunjung datang. Oleh karena itu aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat karena dengan adanya kasus seperti yang telah diceritakan, masalah dapat terselesaikan atau kita dapat dengan mudah mengakses seperti taxi atau transportasi berbasis online lain.
Kelebihan aplikasi ini dibanding dengan sistem aplikasi lain yang cara kerjanya serupa yaitu bahwa sistem aplikasi ini lebih baik dalam pengelolaan pemilihan driver, karena sistem aplikasi ini memilih driver dengan jarak yang paling dekat dengan kita yang memesan dan kita pun dapat melihat driver tersebut di dalam sebuah gps. Selain itu kita pun dapat memberikan rating untuk para driver, awal mula para driver diberikan rating 5.00 oleh perusahaan, dan ketika dia mendapatkan pelanggan , para pelanggan dapat memberikan rating yg maksimal 5.00. dan jika rating driver tersebut sudah dibawah 3.00 maka perusahaan akan memanggil driver tersebut dan mewawancarainya mengapa ratingnya dapat serendah itu, dan driver tersebut pun harus mengulang safety riding kembali untuk dapat bekerja kembali.

II. Tujuan Aplikasi
Menyediakan pelayanan online yang bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap penumpang dengan menyediakan sistem pelayanan terbaru, yang akan menimbulkan keefektifitas dan keefisiensian pengguna untuk mempermudah segala kebutuhan dan mempertahankan rutinitas pengguna akan waktu yang dibutuhkan.

III. Konsep Aplikasi
Konsep pembuatan dalam aplikasi Grab ini memakai pendekatan metode konsep SDLC (System Development Life Cycle), pada metode ini dilakukan beberapa tahap seperti
1. Planning
Melakukan pengumpulan data dan mengidentifikasi masalah akan seksama.
2. Analysist
Menganalisa masalah yang terjadi di lapangan sebelumnya pemakaian jasa aplikasi pemesanan transportasi berbasis online yang sudah ada, dan membandingkannya dengan aplikasi yang dibuat , serta dapat berkontribusi dengan apa yang terjadi nantinya setelah pembuatan aplikasi.
3Design
Pada tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan perancangan tampilan aplikasi Grab itu sendiri.
4. Implementation
Membuat serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi.
5. Testing
Tahap ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar penelitian.
Juga terdapat beberapa fitur Grab yang dimasukkan dalam aplikasi seperti :
  • Grabbike
  • Grabtaxi
  • Grabcar
  • Grabexpress
  • Dan, Grabfood.

IV. Implementasi
Pada pengimplementasian terdapat fitur-fitur akan kegunaannya dari fitur itu sendiri kepada pengguna aplikasi seperti:
1. Grabbike
afb43-grabbike
Pada fitur Grabbike disini penggunakan akan menikmati pelayanan berupa ojek dengan kelebihan:
  • pengguna akan lebih cepat menuju tujuan yang diminati karena dengan menggunakan kendaraan roda dua, akan memudahkan menerjang kemacetan yang terjadi dan lebih cepat untuk melintasi kondisi perjalanan yang tak diinginkan.
  • Lebih aman karena profile biker atau ojek telah terdaftar lebih dahulu dalam database perusahaan dan menggunakan atribut lengkap serta memiliki catatan perjalanan yang tak diragukan.
  • Masalah pembayaran lebih pasti, penumpang tidak perlu memakan waktu lagi untuk tawar menawar karena biaya perjalanan yang telah ditentukan.

2. Grabtaxi
e72bc-grabtaxi
Pada fitur Grabtaxi pengguna akan menikmati layanan transportasi berupa taxi dengan kelebihan:
  • Efisien dalam pencarian transportasi pada lokasi tertentu karena tersedia layanan yang dapat membantu penumpang menemukan pengemudi taksi terdekat pada aplikasi.
  • Memiliki keamanan yang terjamin karena perusahaan memiliki jaringan armada taksi terluas yang menawarkan pengalaman berkendara yang paling efisien dan aman untuk pengguna.
  • Tarif juga memiliki kepastian yang sesuai dengan argo yang berjalan tanpa menggunakan argo tembak.
  • Keamanan pada driver taksi juga terjamin karena seluruh driver yang terkait telah dipastikan terdaftar dan berlisensi juga berpengalaman untuk memastikan layanan berkendara yang aman dan nyaman.

3. Grabcar
fe357-grabcar
Pada fitur grabcar pengguna akan menikmati layanan berupa kenyamanan transportasi baru yang berupa mobil pribadi yang telah terorganisir dengan memiliki kelebihan:
  • Memiliki tarif pasti juga solusi bertransportasi baru yang akan memberikan kenyamanan, keamanan, juga stylish dalam perjalanan dengan tarif pasti dan tanpa memungut biaya pemesanan.
  • Terlindungi oleh asuransi yang disediakan yaitu asuransi kecelakaan bagi maks. 6 penumpang dalam 1 kendaraan.
  • Memiliki pengemudi yang terlatih dan memberikan pelayanan terbaik dan aman bagi penumpang.
  • Memberikan metode pembayaran yang dapat dipilih oleh penumpang dengan metode payment secara tunai maupun non-tunai dengan Grabpay.

4. Grabexpress
5702e-grabexpress
Grab juga memberikan pelayanan pengiriman barang dengan pengiriman yang terjamin aman dan sampai pada tujuan yang diinginkan, juga memiliki kelebihan yang dimilikinya berupa:
  • Pengiriman barang dapat berupa dokumen penting atau berupa barang dengan pengiriman yang cepat.
  • Pengamanan barang juga secara langsung dengan setiap pengiriman telah teransuransikan hingga Rp 2 Juta besarnya.
  • Biaya yang disediakan juga ekonomis dengan biaya pengiriman yang dapat dimulai dari Rp 12 Ribu.
grabexpress1grabexpress2
5. Grabfood
grabfood


Pada fitur terakhir dalam aplikasi terdapat juga layanan pengantaran makanan yang akan memberikan keefektivitasan waktu bagi pemesan, yang memiliki kelebihan seperti:
  • Pemilihan lokasi restoran dalam aplikasi berdasarkan lokasi terdekat calon pemesan sehingga makanan akan cepat diantar dan tidak memakan waktu yang relatif lama.
  • Dapat menentukan menu makanan yang akan calon pemesan inginkan.
  • Dapat juga mengalokasikan pengemudi yang paling dekat dengan meilhatnya dalam Maps aplikasi yang telah tersedia dan memilihnya untuk menjadi sang pengantar.
  • Selain mengetahui lokasi pengemudi terdekat dengan lokasi pemesanan, pengguna juga dapat mengestimasikan waktu kedatangan pesanan yang telah diantar dengan melakukan pelacakan pada aplikasi.

V. Rencana Pembuatan Aplikasi
Total waktu yang disediakan untuk melakukan pembangunan dan pengerjaan aplikasi, dimulai dari pembukaan proyek hingga penutupan proyek adalah 115 hari kerja atau sama dengan dalam kurun waktu 5 bulan masa pengerjaan di mulai dari Bulan Mei sampai dengan September. Untuk Rinciannya telah disediakan dalam gantt chat seperti dibawah ini :
1
VI. Referensi

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About