Pages

Monday, July 6, 2015

PERBEDAAN IBLIS, SETAN DAN JIN

Pada tulisan saya ini akan menjelaskan tentang perbedaan iblis, setan dan jin.
Kalian semua pasti sering mendengarnya namun belum tau arti sebenarnya, maka dari itu disini saya akan menjelaskan sedikit tentang perbedaannya masing-masing menurut ajaran agama Islam. Allah tabaraka wa ta’ala telah menciptakan IBLIS sebagai Musuh bagi Manusia

SURAT-20-THAHAA; 117
Maka kami berkata: "Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi istrimu, maka sekali-kali janganlah sampai ia mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkan kamu menjadi celaka.
Juga sebagai cobaan bagi Manusia sekaligus tolok ukur siapa diantara Manusia yang Paling baik Amal perbuatannya, sebab surga ada 100 tingkat sedang neraka ada tujuh, maka setiap manusia akan menempati surganya sesuai dengan amal perbuatannya dan tentu saja dengan Ridho Allah Ta’ala , Begitu pula dengan mereka para penghuni neraka akan menempati nerakanya sesuai amal perbuatannya. Sehingga tidak ada seorangpun yang dizholimi oleh Allah tabaraka wa ta’ala.
IBLIS Hanya berkuasa kepada manusia yang mau mengikutinya

SURAT -17-AL1SRAA; 63-65
"Pergilah, barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka Jahanam adalah balasanmu semua, sebagai suatu pembalasan yang cukup.  Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh setan kepada mereka melainkan tipuan belaka.Sesungguhnya hamba-hamba-Ku, Kamu tidak dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhan-mu sebagai Penjaga".
IBLIS sendiri berasal dari golongan JIN

 SURAT-18-ALKAHFI; 50
 Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan JIN, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang lalim.
JIN diciptakan dari Api

SURAT 55; ARRAHMAAN; 14-15
Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, dan Dia menciptakan jin dari nyala api.
Sedangkan Setan adalah suatu bentuk SIFAT JAHAT
diterangkan dalam Alqur’an syetan bisa menjelma sebagai bentuk JIN ataupun MANUSIA

SURAT 114. AN NAAS; 1-5
Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. dari (golongan) jin dan manusia.

Begitu pula ketika Allah menjelaskan tentang orang Munafik dalam
SURAT-2-ALBAQARAH; 14
 Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman." Dan bila mereka kembali kepada syetan-syetan mereka, mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok".

:. Syetan-2 yg dimaksud adalah mereka para orang Munafikun. 

Berikut sedikit penjelasan dari blog saya ini tentang perbedaan iblis, setan dan jin.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About