Pages

Monday, October 27, 2014

Meningkatkan kapasitas RAM pada Android

Disini saya kan memberikan beberapa tips cara  meningkatkan kapasitas RAM pada Smartphone Android. Sering terjadi pada hampir semua kalangan pengguna Smartphone Android yaitu lemotnya android yang terjadi akibat beberapa aplikasi yang terlalu banyak atau kurangnya kapasitas RAM yang menyebabkan Android menjadi lelet atau lemot.
Nah saya akan memberikan cara untuk menanggulangi nya.
Pastikan anda menggunakan memory internal minimal 8GB class 10 untuk mempercepat kinerja Smartphone Android anda.

Beberapa cara untuk menambah kapasitas RAM pada Smartphone Android :
-          Menggunakan aplikasi RAM manager pro
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menambah memori ram anda adalah menginstall terlebih dahulu RAM Manager Pro v5.3.4 Apk Via GoogleDrive (gratis), atau anda dapat mendownloadnya diplaystore dengan harga sekitar USD 3.98.

2. Setelah anda install aplikasi tersebut kemudia buka dan jika ada permintaan Superuser pilih Allow.

3. Centang Set On Boot, selanjutnya pilih Swap File, maksimal 256 MB virtual RAM yang bisa ditambahkan.

-          Menggunakan aplikasi SWAP memory
Penting diketahui bahwa kita tidak dapat mengganti komponen RAM pada android sebagaimana kita mengganti RAM pada komputer seperti umumnya, Salah satu cara untuk menambah kapasitas RAM Android adalah dengan menggunakan Memory Virtual. Prisip kerja memory virtual ini sama saja dengan Memory Virtual pada PC desktop/ laptop, dimana kita bisa menggunakan beberapa space pada memori eksternal untuk digunakan sebagai space tambahan RAM. untuk tutorialnya, silahkan ikuti langkah dibawah ini;
1. Download dan Instal Aplikasi Swapper (bisa diunduh di Play Store)
2. Instaall/ jalankan Swapper yang baru didownload
3. Pilih opsi Active Swap on Boot.
4. Pada bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
5. Sedangkan pada bagian Swap File Size, masukkan kapasitas (space) memory yang anda gunakan, misalnya saja 1024 MB.
6. Setelah semua dianggap benar silahkan simpan konfigurasi tersebut lalu reboot ponsel anda.
Catatan: Tidak semua jenis Android mendukung Aplikasi Swapper ini. Ada beberapa jenis device yang tidak support bahkan dapat berakibat device menjadi brick. Jadi pastikan terlebih dahulu smartphone anda mendukung aplikasi Swapper atau tidak.

-          Menggunakan aplikasi juwe RAM Script
Jika aplikasi Swapper diatas masih dianggap kurang dalam meningkatkan kapasitas RAM smartphone anda, mungkin anda juga dapat menggunakan tips yang lainnya, yaitu dengan menggunakan “Juwe RAM Script”. Tapi sebelum anda menginstall script ini pastikan bahwa ponsel anda telah memiliki folder init.D.


Sekian dari saya cara meningkatkan kapasitas RAM pada Smartphone Android, semoga bermanfaat dan bisa diikuti cara tersebut buat kalian para pengguna Android yang mempunya masalah lemotnya Android yang di sebabkan terlalu banyak penggunaan RAM pada Smartphone Android kalian.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About