Pages

Saturday, April 25, 2015

HOBBY RC ENGINE

Hallo sahabat bloger, saya akan memberikan pengalaman saya dan hobby saya bermain RC engine. Sebelumnya kalian pasti tau apa itu RC , RC itu adalah singkatan dari Radio Control yang dijadikan sumber pengemudi pada mobil engine.
RC engine terbagi menjadi berbagai jenis yaitu : drift, drag race, touring, off road (jeep).
Pertama saya akan memberikan tips untuk kalian yang baru bermain RC engine :
-          Pertama-tama yang dipertimbangkan adalah memilih dari 2 aliran utama dalam radio control mobil yaitu mobil dengan penggerak elektrik dan mesin. Mobil elektrik menggunakan tenaga baterai untuk menggerakkan dinamo. Sedangkan mesin yang tentunya lebih kencang menggunakan glow engine (2 tak) dengan bahan bakar campuran methanol dan nitro yang juga dilengkapi dengan pelumas
-          Langkah kedua adalah menentukan jenis mobil. Ada 5 pilihan yaitu : sedan touring, sedan rally, stadium truck, monster truck dan buggy. Jika Anda berencana hanya untuk sekedar menyalurkan hobby, pilihlah mobil yang dapat dimainkan dimana-mana (all terrain), kalau berencana untuk balap (race), datanglah ke track (off-road atao on-road), lihat jenis apa yang paling banyak dipakai dan terbaik menurut Anda.


Kit R/C bervariasi berdasarkan tingkat kesiapan mobil, ada ARR (Almost Ready to Run), RTR (Ready to Run) dan kit yang dibangun sendiri. ARR sudah dibangun sekitar 50-70% biasanya sistim transmisi dan mesinnya sudah terpasang. Setelah mendapatkan mobil yang sesuai berikutnya memilih peralatan radio (jika tidak termasuk dalam kit), mobil RTR biasanya sudah termasuk radio.
Ada 2 pilihan radio yaitu AM dan FM, radio AM biasanya lebih murah, tapi tidak didukung dengan banyak fasilitas dan lebih rentan terhadap interfrensi dibandingkan FM. Frekwensi dapat dipilih beragam dari 27, 40 dan 75 Mhz yang masing-masing mempunyai channel / warna tersendiri. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, seperti LCD Panel, Sub-Trim, Dual-Rate, End Point Adjustment, memori untuk banyak mobil, akan semakin baik Radionya dan tentunya semakin mahal. Pilihlah yang sesuai untuk mobil Anda.
Paket radio biasanya sudah termasuk receiver (penerima) dan 2 servo standar. Servo ini sudah cukup untuk kebanyakan mobil 1/10 sedan. Tapi jika Anda berencana main mobil off-road disaran kan untuk mengganti servo steering dengan tipe yang lebih kuat, seperti Sanwa ERG-VB. Dan untuk sedan touring dibutuhkan servo yang bereaksi cepat dan akurat seperti Sanwa ERG-WR.


0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About